Pendidikan Agama

Kisi-Kisi Agama :

  • 3 tipologi sikap dalam menyikapi pluralitas(keaneka ragaman) agama :

1.Eklusivisme=Tipologi ini menganggap bahwa agamanya-lah yang merupakan ajaran yang paling benar yang akan menuntun manusia ke jalan keselamatan sehingga manusia tidak perlu bergaul dengan agama lain,tidak perlu bersosialisasi dengan umat agama lain,karena agama lain dianggap sesat dan jahat.hal ini disebabkan oleh interpretasi doktrin atau siar yang sempit.

2.Inklusivisme=Tipologi ini mampu menghargai kepluralitasan agama tanpa mengurangi nilai misi dan siar.Agama memahami agama lain dengan segala eksistensinya tetapi masih menganggap agamanyalah satu-satunya jalan keselamatan.

3.Pluralisme=Tipologi ini lebih maju satu langkah dibandingkan dengan inklusivisme,karena tipologi ini memandang penganut agam lain setara dengan agamanya.Sikap yang mampu menerima,menghargai,memandang agama lain sebagai agama yang baik dan benar.Namun tipologi ini bisa berbahaya karena iman seseorang bisa memudar.

  • Demokrasi menurut ajaran agama kristen :

Menurut pandangan Plato : Demokrasi harus dipimpin oleh para filsuf karena memiliki rasio yang tinggi.

Menurut Pandangan JJ Rossesau : Beliau mengatakan Vox Populi Vox Dei artinya Suara Rakyat adalah Suara Tuhan,Suara rakyat adalah suara golongan terbesar.

Menurut Pandangan Verkuyl : Ide Demokrasi harus dikembangkan ke arah yang lebih baik dan tepat.

  • Pandangan mengenai partai Politik Kristen : Di negara yang mayoritasnnya beragama kristen,partai kristen membawa masalah yang relatif sedikit dibandingkan dengan pendirian partai politik kristen di negara yang jumlah penduduk kristennya minoritas.

Lord Acton berpendapata : Power Tend To corrupt and Absolute Power Corrupt Absolutely , Orang yang ikut partai politik bisa tergoda untuk korupsi dan hidup tidak benar,sebab politik sering menghalalkan segala macam cara.

  • Karunia dan talenta berbeda

Talenta adalah bakat seseorang yang dibawa sejak lahir,sedangkan karunia adalah karunia yang ditambahkan oleh TUHAN sehingga seseorang itu dapat lebih optimal dan maximal dalam melayani.

Dua kategori karunia perorangan :

  1. Karunia untuk memberitakan Firman Allah

a.Rasul : Untuk memproklamirkan,mengumandangkan injil pada mulanya hanya untuk 12 murid Yesus tapi kemudian juga untuk Paulus.

b.Nabi : Mengemban pernyataan Allah,membangun,menasehati dan menghibur.

c.Guru/Mengajar : Menguraikan dan menerangkan ajaran Kristus

d.Berkata kata dalam bahasa Roh : Ini adalah suatu karunia roh.

2.Karunia Untuk Pelyanan Praktis

a.Karunia Kekuasaan : Karunia Iman,Karunia Menyembuhkan,Karunia mengerjakan mujizat.

b.Karunia Seperasaan :Karunia melayani,karunia memberi,atau karunia kemurahan.

c.Karunia Mengelola : Karunia dan kekuasaan untuk memimpin.

Motivasi-Motivasi Pernikahan yang tidak benar adalah

  • Menikah karena kecelakaan(Hamil)
  • Menikah hanya coba-coba
  • Kawin Kontrak
  • Mencari kekayaan
  • Balas Budi
  • Untuk membayar hutang
  • Untuk meguji kejantanan / kewanitaan
  • Untuk Menumpang Hidup.

Makna Dan tujuan Pernikahan menurut Alkitab

  • Menikah Sebagai Pertemuan laki-laki dan perempuan dewasa : Tuhan menciptakan manusia,laki-laki dan perempuan,mereka diciptakan saling membutuhkan.Karena itu pernikahan tidak boleh terjadi diantara manusia yang memiliki kelamin sejenis.
  • Menikah sebagai sarana penghiburan manusia dewasa: Menikah adalah cara TUhan untuk menghibur manusia yang sudah dewasa,Tujuan pernikahan dalam hal ini adalah rekreasi(married as recreation)penghiburan yang bersifat biologis karena manusia mengalami kepenatan dan kesepian.
  • Menikah sebagai cara TUhan mengembangkan dan memlihara kehidupan manusia : Menikah adalah cara manusia memperoleh keturunan.Tujuan pernikahan seperti ini disebut “prokreasi” (Married as Procreation)Tuhan adalah pencipta alam semesta termasuk manusia,penciptaan atas manusia dilakukan oleh Allah melalui 2 cara langsung dan tidak langsung.Langsung melalui penciptaan adam dan hawa sedangkan tidak langsung melalui pernikahan laki-laki dan perempuan dewasa.
  • Menikah sebagai sarana pelayanan : Menikah adalah sarana dimana manusia dapat berkumpul untuk melayani (Married as Ministry)Pelayanan yang dimaksud adalah pelayanan vertical melalui perkawinan bukan lagi perorangan yang melayani tapi sekumpulan orang satu keluarga.

7.)Dulu ada pendapat bahwa kalau beriman tidak memakai dan jangan menggunakan Rasio karena iman dan rasio adalah dua hal yang paradoks ,Tuhan menciptakan manusia dengan rasio dengan demikian rasio adalah anugrah TUhan yang akan dipakai untuk memuliakan TUHAN,Rasio memiliki fungsi mempertanyakan apa yang kita imani,sebagai contoh bila kita mengatakan aku percaya maka kita harus mempertanyakan apa yang kita percaya.

Yang benar adalah Iman tidak bertentangan dengan rasio dan iman dapat berjalan sejajar ibarat dua rel yang tidak dapat dipisahkan yang menjalankan satu fungsi dengan baik.

Dengan iman kita berdiri di hadapan TUhan dengan pengetahuan(rasio) kita mengerti bagaimana kita berdiri di hadapan TUHAN.Dengan pengetahuan(rasio)kita dapat membagikan iman kepada sesama.Iman Kristen tidak bertentangan dengan rasio tetapi iman kristen tidak semuanya harus dibuktikan secara rasional,ada wilayah dimana ALLAH SUPRA Rasional.

8.)Jelaskan tentang Atheisme.

Secara Umum Atheisme modern memiliki 3 jenis

  • Atheisme Teoritis = Ateisme ini tidak mengakui adanya ALLAH, L Feurbach (1804-1872) mengatakan religi adalah suatu ilusi.Teologi adalah antropologi Allah.
  • Atheisme Proletar=oleh MARX(1818-1883) dan ENGELS(1830-1895) Allah dilihat sebagai manusia yang bermetafisikan sehingga terbukalah kedoknya sebagai ilusi dan takhyul.
  • Atheisme Faktis=Tidak menyangkal ALLAH secara teoritis tapi menyangkal pengaruhnya dalam kehidupan sehari-hari.NIETZCHE yang berkata ALLAH sudah mati dan kita telah membunuhnya(engkau dan aku).Allah telah digantikan oleh teknologi dan IPTEK.Agama adalah kebodohan bagi masyarakat modern.
Comments
2 Responses to “Pendidikan Agama”
  1. Monanks says:

    woiii kok dikit amat!!!
    kayaknya kisi2nya banyak dikasihnya

  2. bonar guanteng dan baik hati says:

    iya coy itu kisi2 pa apaan kok dikit buanget gk oke lah nich blog gk kaya sumber cerita cari lagi dong …
    he…he..he…
    oh yah ntar w tnya camry lah siapa tahu dia bisa jadi nara sumber.. hwk..hwk…hwk…..
    pi klu dia mau mending buat w aja ha..ha..ha…hwk…hwk… hwk…. (lumayan buat numpang hidup)….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: