Rekayasa Sistem Informasi

* Pengertian Rekayasa Sistem Informasi Adalah kegiatan untuk mengembangkan atau membangun sistem informasi

Faktor Sukses Kritis (FSK)
Faktor sukses kritis adalah faktor yang akan menjamin keberhasilan perusahaan dalam rangka menjalankan usahanya.
Dalam dunia informatika, FSK adalah usaha menggantikan data prosesing yang semula tidak bagus menjadi tertib teratur dan bersih dari kesalahan (error).

Kegunaan dari mengetahui Faktor Sukses Kritis usaha adalah :
• agar waktu membuat keputusan jadi lebih
cepat dan jalur birokrasi lebih pendek
• agar waktu kerja antara bagian pada
perusahaan menjadi lebih cepat dan efektif
• agar tetap kompetitif
• agar perusahaan lebih efisien

Terdapat 4 Tahap dalam Rekayasa Informasi yaitu :
1. Tahap Perencanaan Strategis Informasi
2. Tahap analisa Bidang Bisnis
3. Tahap Disain Sistem
4. Tahap Konstruksi Sistem

Tahap I : Perencanaan Strategis Informasi
Sudah umum bahwa Rekayasa informasi dimulai dari perencanaan strategis informasi. Tahap ini ditujukan pada bagaimana mencapai target bisnis dan bagaimana teknologi dapat membantu pencapaian tersebut dengan cara meraih peluang yang lebih besar dan membangun kemampuan bersaing usaha. Peluang teknologi tersebut dapat mengindetifikasi FSK perusahaan dan selanjutnya untuk diuaraikan sehingga didapat FSK dari divisi dan sub divisi perusahaan secara keseluruhan.

Pada tahap PSI, dapat dibuat peta model terdiri dari berbagai fungsi dasar yang ada diperusahaan pada level atas seperti departemen, fungsi dan datanya. Pada tahap ini 2 studi dilakukan yaitu :
 mendapatkan peluang strategis, FSK, berbagai informasi yang dibutuhkan oleh setiap bagian dari perusahaan, serta memndapatkan bagai,ama teknologi baru dapat menghasilkan peluang baru serta kemampuan bersaing perusahaan.
 Pembuatan overview model perusahaan dan menguraikan pada bidang yang sesuai untuk bahan analisa selanjutnya.

Pada analisa pertama dilihat bagaimana fungsi masing-masing bidang bisnis tersebut sedangkan berikutnya adalah analisa manajemen yang memperlihatkan bagaimana fungsi2 tersebut menjadi lebih baik dengan bantuan teknologi baru.

Tujuan dari Perencanaan Strategis Informasi
 menyelidiki bagaimana teknologi dapat membantu manajemen dalam meraih target sasarannya
 menetapkan tujuan dan FSK perusahaan
 menggunakan FSK untuk memberikan arahan dalam mencapai target sasaran perusahaan
 menentukan informasi apa yang dapat digunakan manajemen agar dapat lebih baik
 memberikan perioritas sistem informasi yang dibangun dan dapat memberikan dampak keseluruhan
 membuat overview model perusahaan seperti proses dan informasi yang digunakan
 membagi overview model perusahaan menjadi bidang bisnis siap untuk dianalisa
 menetapkan bidang bisnis mana yang akan dianalisa lebih dahulu
 melibatkan manajemen atas dalam menetapkan tujuan, sasaran, fungsi, informasi, FSK dan struktur organisasi.

Adalah satu hal penting bahwa RSI dapat dipahami oleh manajemen atas dan user dari sistem.

Pada tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah untuk mendapatkan berbagai fungsi, data dan kebutuhan informasi yang sifatnya strategis bagi perusahaan. Lingkup informasi yang berwawasan strategis berada pada kewenangan para top eksekutif perusahaan atau organisasi.

Urutan analisis
Sebelum melakukan diskusi dengan para top eksekutif perihal data dan informasi yang bersifat strategis maka perekayasa informasi menyiapkan terlebih dahulu struktur perusahaan yang akan di analisa seperti goal, faktor sukses kritis, pemanfaatan komputer, dampak penggunaan teknologi pada proses diperusahaan, itu semua disiapkan secara detil versi perekayasa. Untuk memperbaiki hasil rekayasa tersebut dibuat satu sesi bertemu dengan para eksekutif perusahaan guna mendapatkan masukan, perbaikan bahkan perubahan termasuk penambahan dan pengurangan.

Faktor penting pada top manajemen
Untuk menarik perhatian para manajer tingkat atas atas segala sesuatu yang akan mempengaruhi kinerja mereka dan seluruh perusahaan tidak mudah, sesuatu yang diusulkan dan dijelaskan seorang perangcang informasi yang baik adalah yang membahas masalah teknis namun justru hal tersebut tidak diminati top manajer. Untuk itu perancang sebaiknya langsung ketujuan dari pertemuan dengan para Top manajer yaitu pokok permasalahan yang berupa : analisa dampak teknologi dan analisa strategis sistem serta hasil survey mengenai teknologi masa depan dan tren teknologi dan bagaimana itu semua akan digunakan menjalankan perusahaan secara lebih baik, mendatangkan peluang dan menjadi daya saing perusahaan.sementara disisi lain teknologi dapat memberikan ancaman persaingan.

The overview model of the enterprise/ pengamatan terhadap model dari perusahaan,
Pada tahap PSI kegiatan dibagi dua. Tahap petama adalah mengidentifikasikan unti-unit dalam organisasi, lokasinya masing-masing, fungsinya dan tipe entitasnya. Ini mengidentifikasikan fungsi apa menjalankan apa dan tipe entitasnya bagaimana masing-masing fungsi tersebut terkait dengan struktur organisasi perusahaan. Lokasi dari masing-masing unit organisasi.. Tahap kedua adalah gambaran model keterkaitan antar entitas organisasi. Matrik digunakan untuk mendapatkan gambaran kaitan antara fungsi dalam organisasi perusahaan dengan lokasinya. Gambaran tentang perusahaan pada tahap ini disajikan tidak terlalu detil, detil akan diberikan pada tahap berikutnya.

Goal dan permasalahan manajemen,
Setiap usaha akan menetapkan goal atau target tujuan. Goal harus dapat diukur, Goal tidak dapat sumir (menjadi market leader) harus terukur (pendapatan naik 40%). Dalam peraihan goal tersebut biasanya dijumpai permasalahan, namun dengan goal yang jelas maka kesalahan dapat dihilangkan atau diminimalisir atau dapat diatasi dan diperbaiki dan disesuaikan dengan jalan kontrol yaitu dengan mengacu pada target tujuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: