Sekilas mengenai teknologi VOIP

Tadi pagi sempet kepikiran untuk belajar VOIP,berikut ini saya dapatkan dari http://anton-ak.blogspot.com/2008/07/voip-voice-over-internet-protocol.html yang menurut saya penjabaran mengenai VOIP-nya lumayan mudah dimengerti.Secara Umum lebih mudah memakai IP Telephony tinggal set ip address dan gateway maka VOIP sudah bisa digunakan.Apabila memiliki jaringan yang berada diluar LAN dan memiliki koneksi VPN IP telephoni ini akna sangat mudah diaplikasikan.Demikian prolog dari saya selamat menikmati.
Saat ini dunia komunikasi dan informasi berkembang dengan pesat, hal ini terlihat dari semakin beraneka ragamnya jenis layanan informasi dan komunikasi ditawarkan.

Salah satu dari jenis layanan tersebut adalah VOIP (Voice Over Internet Protokol) yakni jenis layanan komunikasi dengan menggunakan intenet sebagai media komunikasinya. Dengan kata lain kita dapat menelpon orang yang diinginkan tanpa takut biaya pulsa yang akan membengkak seiring dengan lamanya pembicaraan yang dilakukan.

Dan tentu saja dengan adanya teknologi ini kita dapat mengurangi biaya komunikasi yang saat ini masih dirasa mahal oleh masyarakat kita. Apabila dicermati dengan baik biaya telpon SLJJ akan jauh lebih mahal apabila dibandingka dengan menelpon dengan menggunakan VOIP.

Pada umunya cara kerja telpon adalah orang berbicara ditangkap oleh Microphone. Microphone mengubah getaran suara menjadi listrik. Amplitudo tegangan listrik yang berubah-ubah ini merupakan bentuk informasi suara yang dikirimkan ke sentral telepon (telkom). Sentral telepon di ini membentuk jaringan. Dan lawan bicara menangkap sinyal listrik ini., dan dengan bantuan speaker, tegangan listrik ini berubah lagi menjadi suara.

Dengan adanya teknologi VOIP bentuk informasi suara yang masih dalam bentuk amplitudo tegangan listrik yang berubah-ubah ini diubah menjadi bentuk satu informasi digital yang dipaketkan kemudian dikirimkan sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

VOIP yaitu komunikasi yang mampu melewatkan trafik suara, video dan data berbentuk paket melalui jaringan IP. Komunikasi data yang dipakai pada jaringan IP yaitu paket switch, jadi jalur datanya paket switch itu digunakan oleh banyak pengguna dan agar tidak salah alamat paket data diberi identitas khusus yaitu IP. IP yang bertugas mengatur pengiriman paket data hingga sampai ke alamat yang benar. Agar melewati jalur paket switch dengan baik dibutuhkan proses coder-decoder yaitu proses mengkonversi data analog ke digital dan dikirim lewat jalur internet. VOIP juga bisa dilakukan tanpa internet yaitu dengan membuat sebuah jaringan LAN (Local Area Network), cukup dengan 2 atau lebih komputer.. kegiatan transfer data, video, suara pada sebuah jaringan LAN tersebut sudah bisa dinamakan VOIP dan sekarang VOIP di manfaatkan perusahaan-perusahaan sebagai solusi telepon hemat, karena VOIP dengan jalur data paket switch yang bersifat global tidak seperti halnya telpon yang biasa kita pakai kalau interlocal maka akan lebih mahal, karena telepon dirumah yang biasa kita pakai menggunakan jalur data circuit switch yang jalur datanya exsklusif yaitu apabila anda di Malang yang ingin menelpon teman di Califonia USA, secara tidak langsung jalur komunikasi Malang-Califonia akan menjadi exskulisif milik mereka. Hal ini yang mengakibatkan biaya ditanggung oleh pelanggan. Dan sekarang perusahaan banyak menggunakan tekhnology VOIP

Protokol VOIP

Agar telpon VOIP dapat saling berkomunikasi maka VOIP memliki bahasa yang sama agar saling mengerti, contohnya saja dalam kehidupan kita sehari-hari pastinya kita mempunyai bahasa yang sama agar dapat saling mengerti yaitu kita memakai bahasa indonesia sebagai bahasa pemersatu dan apa bila kita memakai bahasa kalimantan yang pasti teman kita ngomong memakai bahasa jawa gak mengerti begitu juga sebaliknya yang orang kalimantan juga gak mengerti bahasa jawa.. nah maka disini kita punya bahasa pemersatu yaitu bahsa indonesia. dan pada telpon VOIP juga mempunyai bahasa yang sama agar saling mengerti.

H.323

Protokol yang dikeluarkan oleh Intenational Telecommunication Union (ITU) menyediakan sesi komunikasi audio-visual dalam berbagai paket jaringan. Protokol ini di implementasikan dalam aplikasi internet seperti Netmeeting yang aplikasinya sudah ada tertanam diwindows

MGCP (H.248)

MGCP (Media Gateway Control Protokol) yaitu protokol hasil penelitian Internet Engineering Task Force (IETF) dan ITU-T Study Group 16, definisi protokol ini dibuat berdasarkan ITU-I H.248

MIME

Multipurpose Internet Mail Extensions (MIME) merupakan sekumpulan standar yang mendefinisikan format pesan yang memungkinkan badan pesan dikirim selain format yang ditentukan US-SCII, standar pertama diprotokol ini adalah RFC 2405 yang mendekskripsikan header karakter non US-SCII.

RVP Over IP

Remote Voice Protokol, protokol ini dimiliki (proprientary) oleh MCK commonication. RVP Over IP digunakan utamanya di keluarga produk MCK untuk memperluas kemampuan layanan PBX local menggunakan WAN (Wide Area Network).

SDP

Session Discription Protokol (SDP), protokol ini berisi informasi nama dan tujuan sesi, waktu sesi, informasi media (didekskripsikan dalam karakter berformat UTF-8).

SIP

Session Initiation Protokol (SIP) merupakan prtokol yang banyak digunakan pada saat ini, SIP mengontrol implementasi sinyal pada VOIP menggunakan mode redirect. layanan yang digunakan SIP yaitu call forwading, caller line identification (CLI), basic automatic call distribution (ACD).

Pendukung VOIP

Untuk melakukan layanan teknology VOIP kita harus mempunyai produk pendukung telpon VOIP yaitu :

Softphone

Perangkat telpon voip yang berbentuk software, jadi tanpa berupa telpon utuh yang digunakan pada komputer untuk menjadikan komputer sebagi telpon VOIP, komputer juga harus mempunyai hardware pendukung yaitu soundcard sebagai pengkonversi data analog ke digital, dan komputer mempunyai headset sebagai media komunikasinya.

softphone
Gambar diatas adalah perangkat telpon yang berbentuk software

IPPhone

Ipphone merupakan hardware yang produknya sudah bisa melakukan layanan telpon VOIP, jadi ipphone dapat bekerja secara mandiri karena ipphone dapat dioperasikan tanpa memerlukan komputer. Ipphone melengkapi produknya dengan antarmuka grafis berbasis web untuk menyetel perangkat, mengkonfigurasinya menggunakan browser untuk menentukan alamat server VOIP, jika alamat ip dan gatewaynya sudah ditentukan perangkat ini sudah bisa langsung digunakan.

Ipphone
contoh perangkat IPPhone

Sistem kerja VOIP

Proses yang terjadi pada saat kita menggunakan VOIP terdiri dari beberapa langkah sehingga kedua komunikator dapat berkomunikasi yaitu, pemanggil mengangkat telpon dan menghubungi nomor yang dituju, proxy server menghubungi alamat yang diminta penelpon pertama, penerima memberi jawaban dari permintaan proxy, proxy memberi jawaban ke penelpon pertama, komunikasi terjadi antara kedua komunikator
sistem kerja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: