si

  • Tingkatan pada manajemen :
    • Top Level Management, contoh:BOD,CEO,COO
    • Middle Level Management,contoh Manager,assisten manager
    • Low Level Management,contoh supervisor,staff
  • System adalah kumpulan elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
  • Syarat-syarat sistem
    • Dibuat untuk menyelesaikan tujuan
    • Elemen system harus memiliki rencana yang ditetapkan
    • Adanya hubungan diantara elemen-elemen sistem
    • Unsur dasar dari proses(arus informasi energy dan material lebih penting dari elemen sistem)
    • Tujuan organisasi lebih penting daripada tujuan elemen.
  • Sistem deterministic adalah suatu sistem yang sistem operasinya dapat diprediksi  secara tepat misalnya sistem komputer
  • Sistem probabilistic adalah suatu sistem yang tidak dapat diramal dengan pasti karena mengandung unsur probabilitas ,misalnya sistem arisan.
  • Sistem Keputusan Terbuka adalah suatu sistem keputusan yang memandang keputusan sebagian berada dalam satu lingkungan yang rumit dan sebagian lagi tak diketahui.
  • Sistem Keputusan tertutup adalah suatu sistem keputusan yang menganggap keputusan dipisah dari masukan yang tidak diketahui dari lingkungan.
  • Data adalah Fakta, atau bagian dari fakta yang mengandung arti yang dihubungkan dengan kenyataan, simbol-simbol, gambar-gambar, kata-kata, angka-angka, huruf-huruf, atau simbol-simbol yang menunjukkan suatu ide, objek, kondisi, atau situasi dan lain-lain. Data juga merupakan bentuk jamak dari informasi.
  • Basis Data adalah sekumpulan data yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah digunakan kembali.
  • Tujuan dari informasi adalah untuk mempermudah user dalam penyelesaian suatu masalah.
  • Mengapa sistem informasi akutansi(SIA) membutuhkan sistem lainnya….karena  sistem informasi akutansi hanya informasi keuangan saja sehingga membutuhkan sistem informasi manajemen lainnya guna menghasilkan semua informasi yang dibutuhkan oleh semua level management.
  • Sumber daya informasi :
    • Perangkat keras komputer
    • Perangkat lunak komputer
    • Spesialis komputer
    • User
    • Fasilitas
    • Database
    • Informasi
  • Sumber Daya manajemen
    • Manusia
    • Modal
    • Material
    • Mesin
    • Informasi
  • Manajemen sistem organisasi
    • Perencanaan(planning)
    • Pengorganisasian(organizing)
    • Pengisian Jabatan(Staffing)
    • Pelaksanaan(Actuating)
    • Pengontrolan(Controlling)
  • Sistem bisnis adalah proses dan interaksi antara orang dan bagian dalam organisasi serta prosedur atau aturan yang menjadikan bisnis sebagai efisiensi dan mungkin efektif.
  • Proses bisnis adalah kelompok-kelompok dari keputusan-keputusan yang terkait dan kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan untuk mengelola sumber-sumber bisnis.
  • 9 faktor keberhasilan dalam merekayasa sistem informasi sebuah organisasi :
    • Membuat peta dari sumber-sumber informasi
    • Mengefektifkan sumber data
    • Mengembangkan strategic planning system
    • Spesifikasi,penerimaaan serta pengembangan SDM
    • Memfasilitasi proses pembelajaran atas teknologi informasi
    • Fleksibilitas sistem informasi
    • Kemampuan bersaing dengan teknologi informasi
    • Meningkatkan kualitas pengembangan software
    • Perencanaan sistem telekomunikasi
  • 3 level informasi
    • Operasi = proses rutin dan pelaksanaan aktivitas bisnis setiap waktu
    • Kontrol=Cenderung kepada supervisi operasi
    • Perencanaan , cenderung untuk digunakan pada perencanaan jangka panjang atau menengah seperti mengganti produk,membuat prioritas.
  • 4 tahapan pengmbilan keputusan
    • Kegiatan Intelejen,mengamati lingkungan dan mengetahui kondisi yang perlu diperbaiki.
    • Kegiatan merancang,menemukan,mengembangkan dan menganalisa berbagai alternative tindakan yang mungkin.
    • Kegiatan memilih salah satu tindakan yang perlu dan harus diambiluntuk menghadapi permsalahan yang ada
    • Kegiatan menelaah untuk menilai pilihan-pilihan yang telah dipilih.
  • Tujuan SPK
    • Membantu manager dalam membuat keputusan untuk memecahkan masalah semi terstruktur .
    • Mendukung penilaian manajer bukan menggantikannya
    • Meningkatkan efektifitas bukan efisiensi keputusan.
  • Keputusan Terstruktur adalah keputusan-keputusan yang diambil secara rutin dan berulang sampai adanya suatu standar atau prosedur baru.
  • Keputusan semi terstruktur adalah keputusan yang bersifat baru,tidak teratur dan jarang konsekuen serta tidak ada metode pasti untuk menangani masalah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: